Selasa, 27 Oktober 2020

Panduan Endorsement Instagram, Artis atau Selebgram – Untuk Pemula



Endorsement atau meminta tokoh terkenal untuk mempromosikan produk Anda di akun social media mereka (biasanya Instagram) bisa menjadi salah satu teknik marketing yang bisa Anda pakai untuk meningkatkan jumlah pembeli dan meningkatkan branding produk Anda.

Namun berbeda dengan beriklan secara resmi di Facebook Ads atau Instagram Adsendorsement ini tidak bisa kita lacak atau kita tracking data orang yang tertarik dengan produk kita secara detail seperti Facebook Ads. Untuk itu Anda harus memperhatikan beberapa panduan berikut ini sebelum melakukan endorsement agar budget marketing Anda tidak boncos :

1) Baru Buka Online Shop Jangan Buru-buru Endorse Jika Budget Marketing Anda Rendah

Karena endorse artis itu butuh biaya mahal (biasanya mencapai jutaan rupiah sekali endorse), di awal pembukaan online shop jangan dulu buru-buru menghabiskan uang Anda untuk endorse. Karena sekali endorse, belum tentu uang Anda balik modal.

Belum lagi orang hanya akan membeli produk Anda hingga maksimal seminggu setelah endorse. Melewati jangka waktu tersebut biasanya follower si artis sudah lupa dengan produk Anda, dan postingan produk Anda bakal tenggelam, tergeser postingan lain.

Jika di awal, usahakan untuk mencari follower tertarget secara gratisan dan dibantu dengan Instagram Ads. Meskipun split test perlu bakar uang di awal, tapi jumlahnya bisa ditekan seminimal mungkin. Karena itu jangan malas berguru pada mastah yang sudah sukses yah.

2) Pilih Selebriti atau Selebgram yang Gaya hidupnya Mewakili Target Market Anda

Misalnya Anda berjualan sepatu untuk mendaki gunung, koper untuk travelling, atau baju renang untuk di pantai, maka Anda harus mencari artis yang hobby travelling atau liburan.

Jika Anda menjual tas branded, sepatu mewah, atau gaun yang glamour, Anda cari artis atau selebgram yang juga suka bergaya mewah.

Jangan sampai salah pilih artis. Jika Anda salah memilih artis dengan gaya hidup yang tidak sesuai dengan target market Anda, bisa dipastikan akan sulit terjadi penjualan. Karena sebagian besar follower si artis tidak menyukai produk Anda.

3) Usahakan Endorse Secara Rutin, Paling Tidak Sebulan Sekali

Endorsement ini lebih tepat dipakai untuk proses branding atau pengenalan produk Anda kepada masyarakat. Jangan terlalu mengharapkan penjualan yang signifikan. Karena belum tentu follower si artis mampu membeli produk Anda dan hobby belanja, meskipun mereka juga suka dengan produk Anda.

Hanya saran, kalau sudah pernah endorse sebaiknya bulan depan endorse lagi di artis yang berbeda. Jika ada budget berlebih, Anda juga bisa endorse setiap 2 minggu sekali. Semakin sering Anda endorse, semakin bagus brand Anda di mata masyarakat.

Jika mereka sudah meyakini bahwa brand Anda bagus, dengan sendirinya mereka akan memburu produk Anda tanpa perlu capek-capek meyakinkan customer satu per satu.

4) Sediakan Budget Khusus Untuk Endorsemement Instagram, Jangan Dicampur Jadi Satu Dengan Budget Beriklan dan Budget Marketing Lainnya

Mengapa perlu dipisah? Karena endorsement tidak bisa kita lacak bagaimana konversinya. Bisa jadi setelah endorse produk Anda ramai dibeli, bisa jadi juga belum ada yang beli. Karena itu sediakan budget khusus untuk endorsement.

Saran juga sih, sebaiknya Anda baru endorse setelah profit bisnis Anda stabil. Supaya jika uang yang dipakai untuk endorse nanti tidak balik modal, tidak akan mengganggu cash flow bisnis Anda.

5) Pastikan Produk yang Akan Di-Endorse Stock-nya Paling Banyak

Endorsement biasanya hanya memerlukan 1-3 produk untuk dipakai si artis. Maka pastikan bahwa produk yang akan di-endorse jumlahnya banyak. Karena biasanya orang akan membeli produk yang sama persis seperti yang dipakai oleh idola mereka.


0 komentar:

Posting Komentar