Cara Memilih Dan Menentukan Tempat Usaha yang Strategis sangat perlu diperhatikan agar usaha yang mau Anda jalankan bisa sesuai harapan Anda.Lokasi usaha/bisnis bisa dibilang membawa pengaruh yang sangat besar terhadap perkembangan sebuah bisnis di masa depan. Apalagi jika bisnis Anda menitikberatkan operasinya di dunia nyata, bukan online. Misalnya restoran, stationery, pet shop, distro, florist dan lain sebagainya.
Jadi, bagaimana cara menentukan tempat usaha yang strategis?
Berikut ini adalah beberapa faktor-faktor yang mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan bagi anda yang sedang mencari-cari tempat strategis untuk memulai usaha :
1. Biaya yang diperlukan
Faktor pertama tentu saja biaya. Berapa yang dibutuhkan untuk membeli atau menyewa tanah, peralatan kantor, alat komunikasi, pajak, dan infrastruktur. Anda harus memperhitungkan seberapa tebal budget Anda.
Akan tetapi, Anda juga perlu tahu bahwa biaya murah bukan jaminan. Jika perusahaan Anda hanya mencari biaya terendah tanpa memperhatikan kualitas dan kebutuhan, seringkali Anda justru akan berakhir dengan membayar lebih banyak dari yang Anda perkirakan.
Di luar itu, Anda juga harus memperhitungkan upah tenaga kerja. Ia bisa naik sewaktu-waktu. Jangan sampai bisnis Anda justru harus memberhentikan karyawan karenanya, atau bahkan gulung tikar.
2. Kesediaan Tenaga Kerja
Seberapa mudah Anda bisa menemukan tenaga kerja di kota tersebut, atau mereka yang bersedia tinggal di kota tersebut? Misalnya, Anda mungkin bisa lebih mudah menemukan programmer yang bersedia bekerja di kota-kota besar karena banyak kampus yang meluluskan programmer di kota tersebut. Selain lokasi, tenaga-tenaga kerja pada umumnya memiliki kriteria tersendiri terhadap kantor Anda. Misalnya, apakah kantor Anda dekat dengan akses jalan, atau harus masuk jauh ke pedalaman.
3. Mendekati Pelanggan Anda
Anda perlu riset pelanggan. Seberapa besar potensi pasar di sebuah lokasi. Seberapa besar pasar akan antusias menyambut bisnis Anda jika ia berdiri di tengah pasar tersebut? Apabila Anda bukan orang yang suka riset, maka Anda bisa membidik kompetitor. Karena mereka membuka lokasi di tempat tersebut, tentu sudah dengan melakukan riset tersendiri. Misalnya ketika Indomaret berdiri di sebelah Alfamart, dan sebaliknya. Keduanya saling membidik.
Demikian tadi beberapa point penting untuk menentukan dan memilih tempat usaha yang strategis untuk dijadikan sebagai tempat memulai usaha kita. Lokasi yang strategis Tidak menjamin kesuksesan tempatnya namun tidak ada salahnya mencoba beberapa cara atau tips yang saya berikan tersebut.
0 komentar:
Posting Komentar